Friday 11 December 2009

Paranormal Activity

Saya sangat tidak menduga film ini dibikin dengan konsep film dokumenter. Makanya, jauh banget dari harapan saya. Tapi gapapa. Ide ini sangat unik. Walaupun di satu sisi, konsep ini malah menjatuhkan film di awal cerita, di mana alur berjalan sangat statis. Kedua tokoh utama [tokoh sepanjang film...namanya juga dokumenter rumahan] baru pindah ke sebuah rumah untuk tinggal bersama. Khususnya, untuk menyelidiki 'pengikut' si tokoh perempuan, Katie. Kira-kira setengah jam pertama, kedua tokoh hanya berdialog dan bergurau. Mending berbobot, ini hanya menampilkan pembicaraan sehari-hari. Setelah itu ada wawancara dengan semacam 'dukun' [saya lupa istilahnya di Barat sana apa] yang memberi saran-saran. Barulah mulai malam pertama...

Tiap malam, posisi kamera yang dipakai tokoh untuk mendokumentasikan kegiatan mereka selalu menyorot ranjang yang di sampingnya pintu yang menuju ke lorong dan tangga ke lantai 1. Pada malam pertama, terjadi kejadian paranormal yang...

biasa saja. Bisa dibilang bukannya menjadi ice breaker, malah membuat film terkesan makin statis. Demikian seterusnya malam demi malam dilalui pasangan tersebut, kejadian demi kejadian berlanjut diiringi intensitas horor yang makin meningkat.

Film ini tidak dianjurkan untuk mereka yang penakut dari sananya, karena dijamin 'trauma' tiap kali waktu dalam film itu malam menuju subuh, di mana sang arwah dijadwalkan untuk unjuk rasa. Di lain sisi, kapan sang arwah akan tampil tertebak sehingga penonton bisa mempersiapkan mental. Namun sekali lagi, bagi mereka yang tak tahan, mau tak mau akan trauma dan menutup mata kala momen-momen menegangkan itu mulai [atau malah sepanjang film... ;p].

Bagi penonton bermental baja dan penikmat film bergenre horor, dijamin tidak puas. Kejadian yang benar-benar di luar batas konvensional film-film paranormal adalah 2 malam terakhir. Yang satu karena kejadiannya ekstrim, yang satunya karena memang itu 'malam puncak' film.

Bagi mereka yang 'netral', alias tidak mengharapkan akan ditakut-takuti film ini, mungkin akan menikmati alurnya yang makin lama makin memuncak. Selain itu, film ini menggebrak jejeran film horor lain yang cenderung 'menampilkan' unsur horor dalam bentuk yang kasat mata. Yah, namanya juga aktivitas paranormal... Apa yang mau diperlihatkan selain gerakan benda-benda kasat mata yang sebenarnya disebabkan arwah tidak kasat mata?

No comments:

Post a Comment